Pages

Senin, 18 Oktober 2010

Penghitung Digital (menggunakan IC CD 4026)


Rangkaian ini dapat menghitung dari 0 s.d 9, tanpa disulut pulsa astable, dengan cara menekan saklar tekan CLOCK (terhubung pada kaki 1 IC) dan hitungan dapat dikembalikan ke angka nol (0) dengan cara menekan saklar tekan RESET (terhubung pada kaki 15 IC).
IC 4026 adalah encoder, decoder sekaligus driver dalam satu komponen IC; sedang seven segment yang digunakan adalah common cathode (cc). Proses penghitungan tidak dapat dimanipulasi. Dapat digunakan pada rangkaian penghitung jumlah kendaraan dalam sistem parkir (ditambahkan rangkaian sensor), papan skor pertandingan, dan papan angka untuk ganti pemain.

Ini adalah lay out atas dari rangkaian penghitung digital. Mohon maaf ada kesalahan ketik pada resistor 2K3, seharusnya 2K2. Dan saklar yang digunakan untuk CLOCK dan RESET, keduanya adalah jenis saklar push button. 


Gambar di bawah ini adalah lay out bawah, khusus bagi teman-teman yang belum akrab dengan program bantu pembuatan PCB seperti DipTrace atau Eagle dapat menggambar ulang lay out bawah ini pada PCB polos (bagian tembaga) menggunakan spidol permanen. Perhatikan jarak kaki antar IC yang berdekatan 2,5 mm dan jarak antar kaki 7-Segmen yang berdekatan 2,5 mm. Sedang jarak kaki IC yang berseberangan 7,5 mm; jarak kaki yang berseberangan pada 7-segmen 15 mm. Selamat mencoba !



Perhatikan 7-segmen yang digunakan adalah COMMON CATHODE. JANGAN SAMPAI TERTUKAR DENGAN COMMON ANODE.

4 komentar:

  1. Bikinnya kalo Dilo sudah akrab pake diptrace atau eagle (semua program bisa didownload di internet secara gratis). Tinggal contok abis aja lay out atas yang sudah ada. Terus dicetak pada kertas glossy (kertas bekas majalah). Nanti lay out atas yang tercetak pada kertas berglossy tinggal dipindahkan pada PCB polos (sisi tembaga) menggunakan setrika.

    BalasHapus