Pages

Senin, 13 Desember 2010

Pemancar dan Penerima Infra Merah Untuk Penghitung Jumlah Produksi Barang atau Penghitung Jumlah Kendaraan

    Rangkaian pemancar infra merah sebenarnya dibangun oleh satu rangkaian multivibrator astabil dengan komponen utama IC 555. Disarankan menggunakan tipe HC17555, karena NE 555  tidak cukup memadai jika digunakan sebagai pemancar infra merah, meski keduanya tergolong jenis yang sama, yaitu clock atau timer. Bisa jadi daya keluaran NE 555 tidak cukup memadai untuk menggerakkan LED IR (Infra Red).
    Untuk rangkaian penerima, digunakan sebuah foto transistor sebagai sensor yang berfungsi mengubah cahaya infra merah yang diterima dari pemancar menjadi sinyal listrik, yang kemudian dikuatkan oleh rangkaian penguat transistor; untuk kemudian sinyal yang telah dikuatkan digunakan untuk menggerakkan sebuah relai 6 VDC. Relai ini jika dihubungkan ke rangkaian penghitung digital IC CD 4026 (lihat rangkaian di tulisan sebelumnya), maka kita telah membuat rangkaian penghitung jumlah produksi atau penghitung jumlah kendaraan. Kalau mau lihat lay out atas rangkaian pemancar dan penerima infra merah tunggu sambungan tulisan ini ...
Baik setelah cukup lama menunggu akhirnya tulisan bisa disambung lagi. Di bawah ini saya berikan lay out atas dari penerima dan pemancar infra merah. Lay out ini saya jiplak dari rangkaian tulus kit yang dijual di Glodok, Jakarta Barat.
Lay out Atas Pemancar Infra-Red













0 komentar:

Posting Komentar